Nurul Wachmi Lestari
Penerima KIP Kuliah
Pogram
Studi S1 Pariwisata, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
Email : nurullestari35@gmail.com
Industri perhotelan dan
pariwisata kini sudah berkembang baik di masa sekarang maupun di masa mendatang
yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat masing-masing. Hal ini dikarenakan
industri pariwisata maupun hotel secara keseluruhan berurusan langsung dengan
aspek kepuasan pelanggan.
Dapat kita ketahui
pelanggan di industri perhotelan maupun pariwisata selalu menuntut produk dan
pelayanan unik dan bentuk ini diserahkan langsung kepada pelaku sektor industri pariwisata maupun hotel. Dalam hal produk dan layanan juga terdapat banyak
masalah dan tantangan yang muncul dalam industri perhotelan dan pariwisata yang
telah memaksa para pelaku sektor industri untuk kembali pada ketentuan standar
yang sudah pantas dan disesuaikan.
Perlu diketahui bahwa industri pariwisata dan perhotelan yang berkembang selama beberapa tahun belakangan ini yang diikuti dengan tren saat ini yang mengakibatkan terjadinya peningkatan permintaan untuk akomodasi
Aspek tersebut memberikan
tekanan pada pihak industri hotel untuk selalu meningkatkan fasilitas mereka.
Peningkatan permintaan hotel adalah sesuatu yang perlu diperhatikan karena
semua pelanggan tidak dapat diakomodasi oleh satu fasilitas saja yang akan
tentunya akan membahayakan pihak industry hotel tersebut
Teknologi merupakan salah
satu berkembangan yang memiliki pengaruh penting terhadap seluruh aspek,
begitupula dalam aspek industri, pihak industri bisa saja kehilangan pelanggan
melalui sosial maya dengan rating hotel maupun destinasi yang rendah, ditambah
dengan fitur kolom komentar yang sangat penuh berpengaruh atas penilaian
pelanggan terhadap pelayanan
Ini artinya bahwa
teknologi adalah salah satu masalah yang harus oleh industri yang harus diatasi
oleh industri perhotelan dan pariwisata untuk berkelanjutan panjang.
Ada implikasi bahwa teknologi
adalah salah satu masalah saat ini yang dihadapi industri pariwisata dan
perhotelan secara luas. Aspek produk dari industri pariwisata dan perhotelan
telah berubah dalam beberapa tahun terakhir dan ini adalah tren yang perlu
diatasi.
Hubungan antara
pariwisata dan pembangunan adalah salah satu masalah yang muncul dalam beberapa
tahun terakhir dan masalah utama yang telah membawa pemerintah, badan
internasional maupun pemangku kepentingan industri yang berbeda.
Harga di industri
perhotelan dan pariwisata adalah hal perlu diperhatikan karena itu terkait luas
dan cakupan wilayah geografis yang luas. Dalam hal ini tren harga dapat berubah
tergantung pada produk atau layanan yang berdampak pada pelanggan juga, ini
menyiratkan bahwa industri harus memilih antara menumbuhkan margin mereka
sendiri dan meningkatkan jumlah pelanggan. Misal tiket pesawat, seseorang tidak
akan menghabiskan sedikit uang untuk perjalanan jauh dengan pelayanan yang
standar yang diberikan oleh biro perjalanan, kenyamanan dalam melakukan
kegiatan perjalanan jauh adalah kunci relaxing untuk menikmati perjalanan
mereka.
Begitu juga dengan
permintaan peningkatan fasilitas baru karena peningkatan jumlah pelanggan, di
satu sisi lain biaya dalam membangun fasilitas baru yang meroket yang kemudian
menjadi tantangan besar bagi para investor yang ingin memperluas pasar baru
Disini dapat dilihat bahwa
benar industri telah berkembang dengan amat pesat dan berbagai investor maupun
pemangku kepentingan membutuhkan uang untuk kegiatan ekspansi, penambahan nilai
dan juga pembiayaan operasi. Dengan ketersediaan modal yang terbatas, faktanya industri
telah dipaksa untuk mendapatkan modal dengan biaya tinggi sehingga memengaruhi
operasi mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar